Minggu, 30 September 2012

desain pemodelan grafik

Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 kata. Yang pertama Desain, yaitu proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Yang kedua itu pemodelan  adalah melakukan pembuatan dengan menggunakan model sebagai bahan dari obyek yang nantinya akan kita buat. Dan yang terakhir itu Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Dengan demikian Desain Pemodelan Grafis adalah suatu proses pembuatan, manipulasi dan menyimpan suatu objek dengan menggunakan bantuan komputer.

Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
§  Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
§  Peta (Cartography)
§  Kesehatan
§  Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
§  Sistem multimedia
§  Presentasi grafik
§  Presentasi saintifik
§  Pemrosesan citra
§  Simulasi

Perancang Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik. Seorang Desainer harus memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :
  1. Wawasan Teknologi
  2. Wawasan Sains
  3. Wawasan Seni
  4. Wawasan Sosial Dan Budaya
  5. Wawasan Filsafat Dan Etika
    Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
  6. Kemampuan olah nirmana
    Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
  7. Software Desain Grafis
    Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya.

Sumber :
Wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar