import javax.swing.*;
public class pangkat{
public static void
main (String[]args){
pangkat p =
new pangkat ();
int
angkax=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("masukan
angka:"));
int
angkay=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("masukan
pangkat:"));
//System.out.print
(" ");
System.out.println(p.Hitungpangkat(angkax, angkay));
}
public int
Hitungpangkat(int x, int y){
if
(y==1)
{
return x;
}
else{
return x*Hitungpangkat(x,y-1);
}
}}
valueOf(JoptionPane.showInputDialog(“masukan
angka: “)) berfungsi untuk menghasilkan
output berupa sebuah kotak dialog yang berisi untuk memasukan angka, sedangkan
pada perintah di bawahnya int
angkay=Integer.valueOf(JoptionPane.showInputDialog(“masukan pangkat: “))
berfungsi untuk menghasilkan output berupa kotak dialog yang berisi untuk
memasukan nilai pangkat yang kita inginkan. Method yang dipake di sini
kan HitungPangkat(int x, int y)
dimana x adalah bilangan yang hendak dipangkatkan, sementara y adalah nilai pangkat-nya.
Yang harus dilihat Dari kode-nya, ada base-case atau kasus dasarnya dimana "y == 1"
Klo y==1, maka nilai yang di-return adalah "x" ---> x kan nilainya sama dengan x^1
Klo nilai y bukan 1, maka nilai yang di-return adalah
x dikali dengan HitungPangkat(x, y-1) ----> x * HitungPangkat(x, y-1)
dimana x adalah bilangan yang hendak dipangkatkan, sementara y adalah nilai pangkat-nya.
Yang harus dilihat Dari kode-nya, ada base-case atau kasus dasarnya dimana "y == 1"
Klo y==1, maka nilai yang di-return adalah "x" ---> x kan nilainya sama dengan x^1
Klo nilai y bukan 1, maka nilai yang di-return adalah
x dikali dengan HitungPangkat(x, y-1) ----> x * HitungPangkat(x, y-1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar